Tips Cermat Membeli Sepatu Senam

Memilih sepatu senam ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Memerlukan banyak waktu untuk menyesuaikan fungsi sepatu dan gaya pribadi kita. Sebelum Anda menentukan sepatu apa yang akan di beli, pengetahuan lebih juga harus Anda miliki untuk memilih sepatu terbaik. Lantas, bagaimana cara memilih sepatu untuk olahraga senam ini? apa saja yang harus diperhatikan?

Pertama, tujuan penggunaan. Sebelum Anda melakukan pembelian sepatu olahraga, Anda harus memikirkan terlebih dulu, akan Anda gunakan untuk olahraga apa sepatu tersebut. Hal ini disebabkan. Permukaan tanah tempat kita memijakkan kaki memerlukan sepatu yang berbeda. Sepatu yang digunakan untuk olahraga lari di aspal sudah pasti akan berbeda dengan sepatu untuk olahraga di hutan. Untuk olahraga seperti senam, sepatu yang harus Anda gunakan ialah sepatu yang lebih simple dan ringan agar bisa mempermudah gerakan Anda.

Kedua, perhatikan tipe pronation. Apa itu pronation? Pronation ialah posisi kelenturan kaki ketika menggunakan sepatu untuk berlari atau berjalan. Pronation ini memiliki hubungan erat dengan sendi bawah dan juga pergelangan kaki. Kenyamanan kelenturan kaki ini juga menjadi sebuah faktor penting yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli sepatu.

Ketiga, panjang dan lebar sepatu. Ukuran sepatu senam yang tepat ialah ia menyisakan ruang yang digunakan pada bagian ujung kaki ketika Anda berlari atau berjalan. Selain pada panjang sepatu, Anda juga harus memperhatikan lebar sepatu. Memperhatikan lebar sepatu ini sama sepatu memperhatikan panjang sepatu Anda. setiap manusia sudah tentu tidak selalu mempunyai proporsi kaki yang sama, ada ukuran kaki yang kecil, ada pula ukuran kaki yang lebar dari kaki pada umumnya.

Keempat, berat sepatu. Untuk berat sepatu, mengacu di 2 hal yakni berat penggunaannya dan juga berat sepatu itu sendiri. Apabila Anda memiliki berat badan yang berlebihan, sebaiknya pilih sepatu yang memiliki kelenturan sesuai, untuk berat sepatu, karena Anda akan menggunakannya untuk senam, pilih massa yang ringan sehingga Anda tidak terlalu lelah di bagian kaki ketika senam.

Baca Juga:Menjaga Berat Badan Dengan Senam Aerobic

 Terakhir, kaos kaki. Jangan salah, kaos kaki ini juga menjadi elemen yang sangat penting ketika menggunakan sepatu. Bentuk dan bahan kaos kaki juga menentukan seperti apa kenyamanan pijakan kaki saat menggunakan sepatu, apalagi sepatu ini akan Anda gunakan untuk olahraga seperti senam, jadi Anda harus memperhatikannya dengan baik.

Sebelum Anda membeli sepatu senam, berikut pertimbangan yang harus Anda lakukan, antara lain:

  • Kunjungi toko sepatu yang menjual sepatu olahraga. Hindari membeli sepatu di toko biasa, lebih baik Anda membeli sepatu di toko olahraga karena biasanya staf karyawan sudah di latih untuk memilihkan sepatu yang sesuai dengan olahraga yang akan Anda lakukan,
  • Hindari mempercayai anggapan jika sepatu semakin hari akan semakin nyaman sesudah digunakan. Saat pertama kali mencoba sepatu, sepatu tersebut harus langsung nyaman, coba sepatu untuk melangkah saat Anda akan membelinya,
  • Hindari memilih ukuran sepatu yang terlalu pas. Sepatu dan jari Anda harus ada ruang kosong kurang lebih 1 cm,
  • Bagian tumit dan sepatu haruslah melekat dengan kuat. Hindari memilih sepatu yang longgar pada bagian tumit,
  • Membeli sepatu khusus. Jika Anda sering melakukan olahraga senam, lebih baik membeli sepatu yang benar-benar khusus untuk olahraga senam, bukan sepatu yang fleksibel digunakan untuk berbagai olahraga,
  • Bawa kaos kaki. Ketika Anda akan membeli sepatu, bawa kaos kaki yang sering Anda gunakan untuk mencoba kenyamanannya.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply