Tips dan Rekomendasi Sepatu Sepak Takraw Bagi Pemain Takraw

Sepak takraw merupakan cabang olahraga yang memadukan sepakbola dan voli. Namun pada pertandingan takraw, bola takraw tidak boleh menyentuh tangan dan biasanya takraw dilaksanakan di lapangan bulutangksi ganda. Bola yang digunakan juga tentunya berbeda dari bola basket, bola yang digunakan oleh pesepak bola, bola bisbol, atau bola pingpong. Takraw menggunakan bola dari anyaman rotan yang keras dan memiliki ukuran yang sedang. Hal ini tentunya merupakan cabang olahraga yang harus memiliki teknik tertentu.

Sebagai pemain takraw tentunya sepatu yang digunakan berbeda dari cabang olahraga biasanya, karena sepatu untuk pesepak takraw telah dirancang khusus. Oleh sebab itu beberapa tips memilih sepatu takraw yang bagus diantaranya:

  • Pastikan membeli di toko olahraga yang menyediakan produk barang asli dengan kualitas terbaik.
  • Perhatikan bahan yang digunakan, pastikan jahitannya kuat dan bagian bawah memiliki bahan karet supaya tidak mudah licin.
  • Pastikan mencobanya setelah melakukan aktifitas dan gunakan kaos kaki supaya dapat menyesuaikan dengan ukuran sepatu yang ideal.
  • Hindari penggunaan sepatu takraw untuk keseharian karena sepatu tersebut khusus dirancang bagi pesepak takraw.
  • Biasanya sepatu takraw yang asli dan memiliki kualitas harganya lebih mahal sehingga pilihlah waktu yang memiliki diskon supaya mendapat potongan harga.

Berdasarkan tips-tips diatas sepatu sepak takraw dapat dipilih dengan kualitas yang bagus dan paling ideal untuk kaki. Hindari sepatu yang terlalu pas di kaki sehingga tidak memberi ruang antar jari kaki untuk bergerak dan hal ini dapat membuat seseorang mudah mengalami cedera dan lecet pada kaki. Selain itu juga sepatu takraw memiliki desain seperti sneaker sehingga terkadang membuat seseorang ingin menggunakannya dalam keseharian, tetapi ini sangat tidak disarankan.

Setelah mengetahui cara memilih sepatu takraw yang ideal dan berkualitas. Berikut adalah rekomendasi sepatu takraw bagi pemain takraw diantaranya:

  • Sepatu takraw Breaker,
  • Sepatu takraw Pallas RejamPro,
  • Sepatu takraw Warrior,
  • Sepatu takraw Rejam,
  • Sepatu takraw Nanyang.

Sebagai pemain sepak takraw sepatu yang tidak licin dapat menunjang pertandingan takraw. Selain menggunakan kaki, dapat juga menggunakan kepala bagian depan apabila ingin mengumpan bola ke daerah lawan dengan cara menyundul bola. Dapat juga menahan bola dengan dada dan paha lalu mengumpannya ke teman lain untuk segera di tendang ke daerah lawan. Pertandingan takraw ini cukup greget bagi orang yang melihatnya karena bola takraw yang di tendang harus melewati jaring net yang menjadi pemisah antara tim yang satu dengan tim lawan. Teknik-teknik takraw haruslah dipelajari oleh para pesepak supaya dapat menggunakan beberapa teknik sesuai kondisi saat harus menendang bola dan mengumpannya langsung ke daerah lawan. Banyaknya gerakan menendang membuat pemain harus nyaman dengan sepatu yang akan dipilihnya, serta merawatnya supaya tetap dalam kondisi utuh.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply