Tips Kebugaran Sederhana untuk Mengawali Hari

Badan yang sehat adalah awal dari jiwa yang produktif. Siapa saja sudah mengetahui bahwa untuk memperoleh badan yang sehat, olahraga adalah satu hal yang penting. Namun seringkali rutinitas sehari-hari membuat banyak orang melupakan kegiatan berolahraga. Padahal berolahraga tak perlu harus dengan mendatangi gym atau melakukan permainan bersama teman-teman dengan durasi waktu tertentu. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, ada tips kebugaran yang berupa olahraga simple untuk dilakukan dipagi hari sebagai awal usaha untuk menyehatkan tubuh.

Tips bugar yang pertama adalah meminum air putih ketika bangun tidur sebanyak satu gelas. Ketika tidur, tubuh ternyata tak berhenti melakukan aktifitas metaboliknya sehingga tetap membutuhkan asupan cairan dan makanan. Karena saat itu kita tertidur sehingga tidak makan atau minum, maka tubuh akan mengambil cairan dalam tubuh dan zat makanan yang sudah ada di dalam tubuh. Ketika Anda bangun sebaiknya mengganti cairan yang diambil dengan meminum segelas air putih dan melakukan sarapan atau makan pagi yang bergizi.

Tips kebugaran yang kedua adalah melakukan peregangan setelah bangun tidur. Ketika tidur bisa jadi tubuh Anda tidak melakukan gerakan atau sedikit melakukan gerakan sehingga bagian tubuh banyak bertumpu pada bagian tubuh lainnya selama beberapa jam. Oleh karena itu meregangkan otot ketika bangun pagi selain menyehatkan juga bisa memberi rasa nyaman pada tubuh. Rentangkan tangan ke atas kepala kemudian jinjitkan kaki perlahan-lahan. Diamkan badan di posisi tersebut untuk beberapa detik kemudian turunkan tangan dan normalkan kaki. Lakukan beberapa kali dengan mengubah posisi tangan dari atas, samping kanan dan samping kiri.

 Baca juga beberpa trik dan tips agar kamu hidup sehat. Lihat selengkapnya di www.gayahidupterkini.com

Tips bugar yang ketiga adalah berjalan atau berlari-lari kecil. Hal ini bisa melatih otot jantung Anda setiap hari. Bagi Anda yang tak sempat berlari mengelilingi kompleks maka bisa dengan berlari mengelilingi halaman rumah atau menggunakan alat olahraga. Berlari di tempat juga bisa dilakukan jika memang tidak ada lahan atau waktu yang tersedia. Dengan berlari, bukan hanya jantung saja namun juga otot kaki, aliran darah dan sistem pernafasan akan terpacu dengan lebih baik. Selain itu lari juga baik untuk membakar lemak dan kolesterol jahat penyebab penyakit kronis.

Itulah beberapa tips kebugaran yang bisa Anda lakukan baik secara individu atau bersama anggota keluarga lainnya. Dengan melakukan tips-tips tersebut setiap hari, Anda akan merasakan perbedaannya dibandingkan dengan yang tidak mengolah tubuh sama sekali. Sesekali di akhir pekan, lakukan kegiatan bersama keluarga atau teman yang juga membutuhkan banyak gerak seperti bermain futsal, berenang, badminton atau refreshing dengan berwisata ke pantai atau pegunungan. Dengan badan sehat dan pikiran yang jauh dari stres, jiwa akan menjadi produktif untuk menghasilkan ide-ide cemerlang yang dibutuhkan dalam kehidupan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply