Tips Khusus Sebelum Membeli Sepeda BMX

Tips Khusus Sebelum Membeli Sepeda BMX

Berolahraga bisa dilakukan dengan bermacam-macam cara, baik menggunakan alat maupun tidak. Salah satu olahraga yang membutuhkan peralatan adalah bersepeda. Bersepeda selain menyehatkan juga sangat baik untuk melatih keseimbangan karena untuk menjalankan alat yang satu ini sangat diperlukan keseimbangan yang baik. Salah satu olahraga bersepeda yang sedang populer akhir-akhir ini adalah olahraga BMX. Olahraga BMX memang sering diidentikkan dengan olahraga bersepeda yang ekstrim karena dinilai sangat membahayakan baik dari segi pergerakan maupun kemungkinan mencelakakan tubuh saat kegiatannya. Untuk bisa menjalankan olahraga yang satu ini juga tidak bisa menggunakan sembarang sepeda pada umumnya. Anda perlu menggunakan sepeda BMX untuk bisa melakukannya.

Sepeda untuk olahraga BMX merupakan jenis sepeda yang terinspirasi dari bentuk motor cross dengan bentuk stang yang hampir menyerupai stang motor cross. Pemilihan bentuk stang ini juga dimaksudkan untuk mempermudah pergerakan biker saat beraksi. Sehingga tidak heran jika bentuk sepeda untuk olahraga BMX sangat berbeda jauh dengan sepeda pada umumnya. Jika Anda tertarik untuk melakukan olahraga yang satu ini, sangat penting mengetahui sepeda untuk olahraga BMX yang tepat. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan, diantaranya adalah:

Tips Khusus Sebelum Membeli Sepeda BMX

  • Rangka kuat untuk menopang beban pengendara.

Saat pertama kali memilih sepeda BMX, pastikan untuk bagian rangka atau bodi utama sepeda. Pilihlah sepeda dengan kerangka yang kuat dan tahan banting, tidak hanya melihat dari bentuknya yang terlihat keren saja. Hal ini sangat penting bagi Anda yang memang berniat menekuni olahraga BMX sehingga Anda tidak perlu khawatir sepeda yang Anda gunakan mudah rusak saat melakukan berbagai macam aksi menantang.

  • Memperhatikan bahan frame termasuk kerapian sambungan frame.

Selain memperhatikan rangka sepeda yang kuat, Anda juga harus memperhatikan bahan yang digunakan untuk membuat frame. Meskipun ada begitu banyak jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat frame sepeda, sebaiknya Anda memilih frame sepeda yang bagus menggunakan Chromoly sebagai bahan dasar sepedanya. Rangka BMX yang bagus umumnya menggunakan frame ganda sehingga terdapat sambungan diantara kedua frame tersebut. Untuk itu Anda juga harus memperhatikan kedua sambungan tersebut dilakukan dengan rapi atau tidak karena sangat berpengaruh pada daya tahan sepeda itu nantinya.

  • Ban yang dapat melekat dengan sempurna.

Terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi ban sepeda. Ban sepeda BMX yang bagus adalah yang mampu mencengkeram dengan kuat pada permukaan, sehingga akan mengurangi resiko slip yang berakibat fatal seperti cedera saat melakukan aksi BMX. Untuk itu Anda perlu mencari ban yang sesuai pada setiap permukaan, sehingga Anda isa melakukan pergerakan dan aksi BMX dimanapun.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply