Tips Melakukan Olahraga Lari yang Aman dan Benar

Melakukan olahraga tak selalu harus berarti berlangganan di gym atau melakukan olahraga permainan dengan klub atau teman-teman. Olahraga bisa dilakukan secara mandiri atau individu sehingga lebih memiliki peluang waktu yang tak terbatas. Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan seorang diri adalah olahraga lariLari merupakan jenis olahraga yang paling mudah dan murah karena bisa dilakukan oleh semua orang, kapan saja dan dimana saja. Namun meski begitu ada batasan-batasan yang perlu Anda ketahui agar berolahraga lari tetap berada di jalur yang aman dan sehat.

Berolahraga dengan cara berlari bisa dilakukan semua orang. Bahkan lari menjadi salah satu hobi yang banyak dimiliki bukan hanya oleh para atlet lari. Dengan berlari pikiran yang penat bisa berelaksasi sekaligus dapat melatih otot kaki, tangan dan jantung. Bagi orang yang suka berlari, berlari sepulang sekolah atau sepulang kerja selama perjalanan ke rumah biasa dilakukan untuk menghemat waktu berolah raga dan mengurangi polusi jalan raya. Namun bukan berarti berlari bisa dilakukan secara sembarangan tanpa ada peraturannya. Berikut ini adalah tips berlari agar Anda mendapatkan manfaat dari olahraga tersebut.

 banyak sekali olahraga yang dapat membantu tubuh anda agar lebih sehat, baca selengkapnya di anekajerseybola.com

  • Larilah di jalur yang telah disediakan.

Jika Anda tinggal di kota maka sudah banyak disediakan jogging track di taman umum atau di lokasi umum yang bisa Anda manfaatkan untuk berlari. Namun jika lokasinya jauh dari rumah, maka Anda bisa berlari di kompleks perumahan. Jangan berlari di jalan raya jika tidak terpaksa. Jika memang Anda harus berlari di jalan raya, maka berlarilah di trotoar sebelah kiri jalan sehingga berseberangan dengan arah kendaraan. Gunakan sepatu lari yang cukup tebal karena umumnya trotoar memiliki alas yang berbatuan.

  • Gunakan sepatu lari.

Olahraga lari berarti menggunakan otot kaki lebih banyak dari pada yang lainnya. Alas kaki juga merupakan bagian dari kaki yang mengambil banyak peran. Lindungilah telapak kaki Anda dengan menggunakan sepatu lentur khusus untuk berlari agar bisa melindungi telapak kaki hingga mata kaki.

  • Bertahap.

Jika Anda belum terbiasa berlari, maka melakukan olahraga ini harus diawali secara bertahap. Bertahap yang dimaksud disini adalah dilihat dari segi kecepatan dan jaraknya. Di awal latihan berlarilah dengan kecepatan kecil dan jalur lari yang menengah. Kemudian naikkan kecepatan hingga terbiasa. Tambahkan panjang jalur untuk melatih daya tahan nafas Anda.

Itulah beberapa tips bagi Anda yang ingin melakukan olahraga lari dengan aman dan benar. Yang paling penting dalam berlari baik sebagai hobi maupun olahraga adalah konsistensi berlatih. Jika Anda hanya berlari sebulan sekali maka untuk berlari di bulan berikutnya Anda perlu melakukan latihan dari awal agar otot kaki terbiasa kembali.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply