Tips Memilih Baju Senam yang Nyaman

tips memilih baju senam

Banyak orang yang memilih olahraga senam untuk menjaga kesehatan tubuhnya, dan kebanyakan dari kaum perempuan. Senam menjadi salah satu bentuk kegiatan olahraga yang bisa dilakukan selama beberapa menit hingga jam. Menyesuaikan dengan kebutuhan kemudian dilakukan bersama dengan banyak orang sehingga lebih bersemangat. Olahraga ini sangat cocok bagi Anda yang merasa minder berolahraga untuk belajar mencintai dan melakukannya sesering mungkin. Melakukan olahraga senam memang membutuhkan baju senam yang secara khusus nyaman digunakan untuk kegiatan olah tubuh ini.

Kenyamanan menjadi penting mengingat saat melakukan senam tubuh akan dibanjiri keringat. Tips memilih baju senam yang tepat perlu memperhatikan kriteria ini:

  1. Baju yang bahannya berpori,

Karena selama melakukan senam tubuh aktif mengeluarkan keringat maka pilih baju untuk senam yang membuat sirkulasi udara lancar. Yakni dibuat dari bahan yang mudah menyerap keringat dan berpori untuk menghindari tubuh terlalu kepanasan. Sebab tubuh yang terlalu panas akan membuat Kita mudah lemas dan mudah mengalami dehidrasi.

  1. Ukuran yang tidak terlalu ketat di badan,

Ukuran untuk baju olahraga ini sebaiknya tepat, yakni tidak terlalu ketat maupun terlalu longgar sebab akan mengurangi kenyamanan. Baju yang terlalu ketat sudah pasti akan membuat Kita merasa kurang nyaman bergerak dan membuat tubuh mudah berkeringat. Belum lagi ditambah resiko cedera karena melakukan gerakan senam dengan tidak leluasa. Kemudian baju yang terlalu longgar juga akan membuat gerakan lebih terbatas dan terlalu berat. Baju yang kebesaran akan membatasi gerak Kita sendiri sehingga manfaat dari senam kurang bisa diperoleh secara maksimal.

  1. Warna baju yang sebaiknya cerah,

Olahraga identik dengan gerakan yang energik dan membutuhkan mood yang bagus untuk bisa dilakukan dengan baik. Maka untuk mencapai tujuan tersebut sebaiknya kita memilih baju senam dengan warna-warna yang cerah. Sebab dengan warna yang lebih ceria ini Kita dan siapa saja yang melihatnya akan menjadi lebih bersemangat. Baju dengan warna cerah juga membantu mengurangi penyerapan sinar matahari jika dilakukan di luar ruangan. Baju yang seperti ini sangat membantu untuk menghindari dehidrasi dan keringat yang keluar berlebihan akibat udara yang meninggi.

  1. Menggunakan sepatu dan juga kaos kaki,

Dalam melakukan olahraga sebaiknya tidak sekedar memilih baju yang bagus dan tepat, namun perlu memperhatikan atribut di kaki. Kita membutuhkan kaos kaki dan sepatu yang tepat untuk menghindari cedera saat senam. Sepatu yang digunakan sebaiknya memilih yang dibuat khusus untuk kegiatan olahraga sehingga tidak menyakiti kaki. Kemudian kaos kaki yang digunakan sebaiknya juga yang terbuat dari bahan katun yang mudah menyerap keringat. Sehingga meski mandi keringat saat senam kaki tidak mudah bau dan bisa pula diserasikan dengan warna baju senam yang dipakai agar terlihat menarik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply