Tips Memilih Perguruan Pencak Silat yang Baik

Ilmu beladiri mempunyai banyak jenisnya yang bisa dipelajari oleh seseorang. Misalnya ilmu beladiri yang terkenal di dunia adalah kungfu dari China dimana banyak film yang mempunyai latar belakang ilmu silat yang terkenal di dunia. Selain kungfu, ilmu beladiri lainnya yang terkenal adalah Taekwondo yang berasal dari Korea, Karate dari Jepang, Muay Thai dan juga banyak ilmu beladiri lainnya yang dapat dipilih untuk dapat melindungi diri. Di Indonesia sendiri juga mempunyai ilmu beladiri yang sangat terkenal dan juga diangkat dalam film yang mendapatkan apresiasi dari dunia. Pencak silat merupakan ilmu beladiri khas Indonesia yang mempunyai gerakan yang indah dan juga bisa digunakan sebagai salah satu olahraga pilihan. Anda bisa untuk mendapatkan banyak manfaat apabila belajar ilmu beladiri ini.

Untuk dapat belajar ilmu beladiri asli Indonesia ini sendiri tidak mudah. Dimana terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan agar dapat untuk menguasai ilmu dan juga gerakannya. Langkah pertama untuk mendalami ilmu beladiri ini Anda harus bergabung dalam perguruan dimana perguruan dikenal sebagai tempat untuk menimba ilmu silat. Sehingga seseorang akan dapat untuk menguasai gerakan silat yang diajarkan oleh perguruan tersebut. Karena biasanya setiap perguruan akan mempunyai gerakan yang berbeda sehingga Anda bisa untuk memilih perguruan yang tepat sebelum akan belajar silat. Adapun beberapa cara tepat untuk dapat memilih perguruan silat bisa dilakukan dengan beberapa pertimbangan berikut ini:

  • Pilih perguruan yang disenangi

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa perguruan atau tempat belajar ilmu silat yang terkenal. Anda bisa untuk belajar pencak silat dengan memilih perguruan atau sekolah yang tepat. Salah satunya adalah dengan memilih perguruan yang disenangi baik karena terkenal dengan pengajar yang terkenal, perguruan silat terbesar yang ada di Indonesia, atau juga perguruan silat yang tertua di Indonesia.

Baca Juga: Manfaat Besar Dari Olahraga Pencak Silat Untuk Kesehatan

  • Pilih ilmu yang diajarkan oleh perguruan tersebut

Hal kedua yang perlu dipertimbangkan adalah dengan memilih ilmu yang akan diajarkan oleh perguruan tersebut. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa setiap perguruan atau tempat belajar silat mempunyai banyak ilmu khusus yang bisa diajarkan. Sehingga Anda bisa untuk memilih tempat yang paling Anda senangi dengan ilmu atau jurus-jurus silat yang nantinya akan diajarkan oleh sekolah tersebut.

  • Pilih sesuai aliran

Dan pertimbangan terakhir untuk memilih perguruan pencak silat adalah sesuai alirannya. Biasanya tempat silat yang akan dipilih adalah yang mempunyai aliran yang cocok dengan diri Anda. Karena banyak tempat silat yang menggunakan aliran khusus sehingga pilihlah tempat atau perguruan untuk belajar ilmu silat yang sesuai dengan aliran Anda. Baik itu aliran agama yang cocok dan berbagai pilihan aliran lainnya yang ada sesuai dengan visi dan misi perguruan silat.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply