Tips Memilih Sepatu Futsal yang Sesuai Kebutuhan Kaki

memilih sepatu futsal

Futsal menjadi sebuah pilihan untuk melakukan olahraga sepak bola di dalam ruangan dengan jumlah anggota tim yang lebih sedikit. Futsal sendiri menjadi sebuah olahraga indoor yang cukup populer bagi semua kalangan karena cukup mudah dilakukan. Banyak yang kemudian menjadikannya sebagai olahraga favorit dan dilakukan secara rutin. Apabila Anda termasuk orang yang demikian maka akan membutuhkan sepatu futsal yang mendukung kenyamanan selama menikmatinya.

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan standard untuk mengukur kualitas dan kenyamanan dari sepatu untuk kegiatan futsal ini. Standard tersebut antara lain:

  1. Harga yang sesuai kebutuhan,

Sepatu untuk futsal di pasaran kini dibuat oleh berbagai merk, masing-masing memang memiliki desain yang nyaris sama. Namun material yang digunakan berlainan dan tentunya ikut mempengaruhi kualitas sekaligus kenyamanan saat dikenakan. Biasanya semakin mahal harga sepatu tersebut maka jaminan rasa nyaman dan keawetannya pun akan terjaga. Meski begitu menjadi cara pandang yang bijak jika kemudian disesuaikan dengan budget yang mampu dipenuhi.

  1. Bahan sintetic atau kulit,

Bagian upper atau bagian atas sepatu untuk futsal secara garis besar dibuat dari dua jenis bahan dengan karakter berbeda. Pertama ialah bahan sintetic, bahan ini cenderung lebih kaku sehingga menjadikan bagian upper kurang begitu membentuk kaki. Kedua ialah dari material kulit atau leater, sifatnya kebalikan dari sintetic. Bahannya lebih lentur, sehingga memberikan perlindungan kepada kaki lebih maksimal dan dijual dengan harga lebih mahal. Bagi yang menomor satukan kenyamanan material kulit bisa dijadikan pilihan, namun jika terbentur biaya bahan sisntetic pada sepatu futsal pun tetap aman digunakan.

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Sepatu Lari

  1. Model sepatu sesuai bentuk kaki,

Sepatu untuk olahraga futsal juga hadir dengan dua pilihan desain, yakni slim fit dan satunya adalah wide fit. Bagi yang memiliki kaki kecil dan memanjang maka akan lebih nyaman dan aman memilih desain yang slim fit. Sementara untuk pemilik kaki yang sedikit melebar pada bagian tertentu maka akan lebih aman jika memilih wide fit. Artinya bentuk model sepatu apapun akan lebih cocok melindungi kaki selama bermain futsal asal desain yang dipilih sesuai dengan bentuk anatomi kaki. Coba untuk berjalan sebentar dahulu sepatu yang hendak dibeli untuk memastikan desainnya cocok.

  1. Type sepatu yang disesuaikan dengan kebiasaan,

Bermain futsal di dalam ruangan maupun di luar ruangan, kemudian lapangan yang digunakan beralaskan semen atau bahan lainnya. Ikut mempengaruhi jenis sepatu futsal yang akan digunakan apakah dari type indoor atau turf. Ada beberapa orang yang secara asal menggunakan satu type untuk beberapa tempat bermain yang seharusnya berlainan. Namun pilihan ini memang sah saja dilakukan mengingat penyediaan dua type sekaligus akan memerlukan budget yang lebih banyak.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply