Tips Menari Sebagai Olahraga Ibu Hamil yang Menyenangkan

Tips Menari Sebagai Olahraga Ibu Hamil yang Menyenangkan

Salah satu olahraga ibu hamil yang memiliki banyak manfaat adalah menari. Dengan menari dapat membantu memperkuat otot jantung dan paru-paru. Hal ini sangatlah penting untuk mempersiapkan proses persalinan yang sangat mendebarkan. Tari samba, jazz ataupun salsa merupakan beberapa jenis tarian yang ideal bagi ibu hamil. Namun Anda harus memperhatikan beberapa tips berikut ini agar tidak salah kaprah dalam menari. Jangan sampai keselamatan Anda maupun bayi yang di dalam kandungan akan terancam.

Tips Menari Sebagai Olahraga Ibu Hamil yang Menyenangkan

Trimester Pertama

Ketika seorang perempuan sedang dalam masa trimester pertama pasti dirundung ngidam ataupun mual-mual. Selain itu trimester pertama merupakan masa-masa riskan sehingga tidak diperbolehkan melakukan aktivitas berat. Termasuk melakukan olahraga yang berat. Sebaiknya seorang ibu hamil yang sedang dalam trimester pertama harus melakukan olahraga yang low impact atau gerakan santai. Olahraga ibu hamil yang sesuai untuk trimester pertama tidak boleh melakukan gerakan melompat.

Jangan melakukan gerakan tari yang berirama cepat sehingga mempersulit Anda untuk bernapas. Lakukanlah gerakan tarian semampu Anda, jangan sampai memaksakan diri karena hal ini tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Pilihlah tarian dengan gerakan yang lambat dan santai agar dapat menyehatkan jantung.

Trimester Kedua dan Ketiga

Semakin lama perut seorang wanita hamil akan mengalami perubahan ukuran. Dari ukuran rata atau ukuran normal akan menjadi besar karena di dalamnya terdapat janin yang sedang tumbuh dan berkembang. Hal ini tentu saja membuat keseimbangan tubuh sang ibu hamil berkurang ketika kondisi perut semakin besar. Kondisi perut yang membesar mengharuskan Anda untuk tidak melakukan gerakan tarian yang terlalu cepat, gerakan berputar yang cukup banyak dan memusingkan, ataupun gerakan yang mengharuskan untuk melompat.

Ketika keseimbangan tubuh berkurang maka gerakan melompat, berputar dan berirama cepat sangat berisiko bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Selain itu hindari pula gerakan yang mengharuskan aktivitas melengkungkan tulang punggung ke arah belakang. Dikarenakan gerakan ini nantinya akan menekan bayi yang tengah berada di dalam perut. Sangat dianjurkan apabila selama melakukan olahraga ibu hamil ini didampingi oleh instruktur yang berkualitas sekaligus berpengalaman dalam bidangnya. Jangan lupa konsultasikan kepada dokter kandungan Anda terkait aktivitas menari yang dilakukan. Terlebih jika Anda mengalami nyeri di bagian panggul yang sangat mengganggu aktivitas.

Manfaat Menari Sebagai Olahraga Ibu Hamil

Menari merupakan olahraga low impact yang bermanfaat mengurangi stress otot dan sangat berdampak baik bagi sendi. Olahraga ini juga dapat membantu menjaga kelenturan tulang punggung dan memperkuat otot tulang belakang yang akan bermanfaat saat proses persalinan nanti. Selain itu olahraga menari dapat menjaga posisi tubuh agar tetap ideal. Tidak ada salahnya mencoba olahraga ini bagi Anda para ibu hamil.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply