Tips Teknik Memegang Raket Tenis dan Teknik Servis di Lapangan

Tips Teknik Memegang Raket Tenis dan Teknik Servis di Lapangan

Tenis merupakan salah satu olahraga lapangan yang menggunakan net sebagai penghalangnya. Permainan ini dapat dimainkan satu lawan satu atau juga bermain ganda dengan dua lawan dua. Permainan ini paling diminati oleh banyak orang ditengah kesibukan pekerjaan, permainan ini memiliki banyak tantangan dari memegang raket yang cukup berat dan memukul bola hingga memasuki daerah lawan dengan tepat dan berlari mengejar bola untuk segera membalas pukulan bola supaya tidak menambah angka pada lawan.

Tips Teknik Memegang Raket Tenis dan Teknik Servis di Lapangan

Sebagai petenis terutama bagi pemula tentunya memerlukan berbagai skill untuk belajar. Belajar permainan ini dimulai dari hal dasar yaitu memegang raket. Cara memegang raket memiliki tiga cara sesuai dengan kenyamanan saat digunakan dalam permainan. Berikut adalah teknik memegang raket di lapangan diantaranya:

  • Western, yaitu memegang raket seperti memegang gagang wajan. Biasanya cara ini digunakan saat melakukan pukulan topspin.
  • Continental, yaitu memegang raket dengan memposisikan tangan diatas gagang raket dan posisi pangkat telunjuk pada sudut empat pada pemain tangan kiri dan sudut satu pada pemain tangan kanan. Cara memegang ini merupakan cara pegang raket pada umumnya dan sudah lama diterapkan penggunaannya.
  • Forehand Eastern, yaitu memegang raket seperti saat bersalaman. Cara pegangan seperti ini sangat cocok untuk pukulan flat, spin, dan slice. Cara pegang seperti ini juga sangat disarankan untuk pemula yang bermain ini.

Cara memegang raket akan sangat menentukan kenyamanan seorang petenis saat bermain tenis. Oleh sebab itu memilih cara pegang yang tepat akan membuat pemain dapat memperoleh kenyamanan dan menghasilkan pukulan yang kuat sehingga dapat memantulkan bola kearah lawan tanpa perlawanan dan memastikan bola jatuh pada area sweetspot dan tepat jatuh pada area yang dituju. Setelah mengetahui teknik memegang raket, ada juga teknik melakukan servis. Servis merupakan pukulan awal untuk mengarahkan bola kearah lawan. Teknik servis memiliki tiga teknik yaitu slice service, cannon ball, dan American twist.

Baca Juga:Rekomendasi Raket Teknis Untuk Pemula

Berikut adalah cara melakukan teknik servis diantaranya:

  • Lakukan depan kepala dan lemparkan bola lurus ke atas.
  • Berada di belakang garis baseline dan pusatkan perhatian pada area servis lawan.
  • Posisikan kaki kanan di belakang dan kaki kiri di depan.
  • Melempar bola atas dengan posisi sedikit di depan kepala, usahakan tangan lurus.
  • Ayunkan raket ke belakang.
  • Saat bola mencapai titik kontaknya, ayunkan raket ke depan hingga mengenai bola.

Langkah-langkah diatas sangat baik untuk menunjang performa pukulan selama bermain tenis. Permainan ini dengan langkah awal seperti ini sangat penting karena akan menentukan langkah pukulan dan permainan selanjutnya. Pastikan menyeimbangkan berat badan dengan memainkan kaki untuk menjadi tumpuan saat melakukan servis. Servis yang benar menentukan reaksi pukulan dari lawan jika tepat sasaran dan lawan tidak dapat menangkan peservis menang.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply