Trik Memainkan Skateboard yang Aman Bagi yang Baru Belajar

Berolahraga tak melulu sekedar di gym, bersepeda atau jogging saja. Kini cabang olahraga sudah banyak berkembang. Salah satu olahraga yang banyak disukai oleh anak muda zaman sekarang adalah olahraga skateboard. Ya, berolahraga dengan papan luncur ini memang bisa dibilang cukup ekstrim karena banyak sekali gerakan permainan yang menantang adrenalin. Meski begitu ternyata para penggiat skate tetap saja tidak mundur dan justru kian banyak.

 

Seperti yang sudah diketahui jika bermain dengan papan luncur ini tak cukup hanya meluncur dari jarak tertentu saja. Namun tentunya ada tantangan lain misalnya meluncur di jalanan menurun, meluncur di jalanan ramai, meluncur secara cepat hingga banyak trik ekstrim dengan meluncur di pegangan tangga hingga gedung. Tak heran jika para pemain skate kerapkali mengalami cedera ketika memainkan permainan yang satu ini.

 

Bagi Anda yang masih pemula, maka ada baiknya jika mengutamakan keamanan dalam permainan skate ini. Oleh karena itu berikut ini beberapa tips aman dalam bermain skate untuk para pemula:

Lengkapi perlengkapan keamanan

Yang pertama tentu semua perlengkapan keamanan pada permainan wajib lengkap. Tentunya perlengkapan pertama adalah skateboard berkualitas. Selain itu pakai juga sepatu khusus olahraga skate ini dimana sudah tersedia banyak sekali merek di pasaran. Kriteria untuk sepatu skate adalah alasnya besar dan rata demi dapat berpijak dengan baik. Jangan lupakan helm, pelindung siku dan juga pelindung kaki sehingga jika jatuh, cedera bisa lebih diminimalisir.

Keseimbangan serta sikap permainan

Jika semua kelengkapan sudah dipakai, selanjutnya keseimbangan adalah yang terpenting. Anda bisa memulainya dengan belajar memijak papan skate lebih dulu. Jangan langsung mencoba ke medan aspal namun bisa mencoba di medan rerumputan dan Anda akan mampu belajar merasakan keseimbangan yang diperlukan. Ada dua sikap dalam permainan ini yakni sikap kaki kanan di depan yaitu Goofy atau kaki kiri di depan atau reguler dimana sikap ini bisa disesuaikan dengan kenyamanan Anda.

Dorong, belok dan rem

Selanjutnya adalah tentang pergerakan dalam bermain skate. Untuk bisa bermain skate dengan keren maka mendorong, berbelok dan mengerem tentu Anda harus kuasai. Latihan dengan yang sudah profesional akan jadi rekomendasinya sehingga teknik dasar bisa Anda pahami. Namun jika latihan sendiri pun, ada baiknya secara perlahan ke medan yang tak berbahaya sehingga bisa lebih aman.

 

Memang bermain skateboard tak semudah kelihatannya, meski begitu kesulitan itulah yang selalu jadikan banyak pemain merasakan tantangan dalam permainan ini. Bagi Anda yang masih pemula dalam dunia skate, maka tidak mengapa. Jalan Anda masih panjang untuk bisa bermain skate sehingga Anda harus berlatih lebih sering dan lebih giat lagi untuk lakukan ragam trik.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply