Tubuh akan Beradaptasi Jika Anda Melakukan Olahraga Rutin

Jika Anda mencari cara untuk melakukan pencegahan terhadap serangan penyakit kronis, maka olahraga adalah jawabannya. Dengan melakukan olahraga rutin, tubuh Anda akan terbantu dalam menyeimbangkan fungsi-fungsi organ dan sistem metabolisme. Konsistensi dalam berolahraga juga dapat membantu tubuh untuk beradaptasi serta meningkatkan kebugaran.

Tubuh akan Beradaptasi Jika Anda Melakukan Olahraga Rutin

Bagaimana Tubuh Bisa Beradaptasi?

Tubuh akan memberikan respon terhadap segala aktivitas terutama fisik baik dalam waktu singkat atau lama. Saat adaptasi singkat terjadi maka aktivitas organ akan meningkat pada saat itu saja dan akan kembali normal, sedangkan adaptasi kronis atau lama terjadi jika Anda meningkatkan aktivitas setiap harinya hingga menyebabkan perubahan bentuk tubuh. Jika Anda menuntut tubuh untuk mengalami adaptasi kronis, cukuplah dengan melakukan olahraga rutin.

Perubahan Tubuh Setelah Berolahraga Secara Rutin

Beberapa perubahan yang akan terjadi saat Anda memutuskan untuk berolahraga secara rutin diantaranya adalah

Regenerasi Tulang Berlangsung Lebih Cepat

Saat melakukan olahraga rutin, tulang akan dipicu oleh kontraksi otot. Dari sinilah akan terjadi regenerasi tulang. Proses regenerasi sendiri terjadi secara bertahap. Anda bisa memicunya dengan melakukan beragam jenis olahraga terutama olahraga ketahanan. Regenerasi akan terjadi pada tulang bagian luar lalu menuju ke tulang bagian dalam. Umumnya regenerasi ini terjadi pada tulang aksial seperti tulang rusuk, tulang tengkorak, sternum, dan tulang belakang. Selain itu juga terjadi pada tulang anggota gerak yaitu tulang lengan atas, tulang paha, tulang pinggang, tulang pundak, dan tulang pelvis.

Kekuatan Jantung yang Meningkat

Olahraga rutin mampu meningkatkan ukuran dan kekuatan otot ventrikel pada jantung sebelah kiri. Otot ini berperan dalam memompa darah. Anda yang rutin melakukan aktivitas fisik, jantung dapat memompa darah hingga 100 ml saat beristirahat. Selain itu detak jantung menjadi rendah karena bekerja dengan efisien mengingat jantung berperan penting pada elastisitas pembuluh darah, asupan oksigen, dan pertumbuhan otot.

Kapasitas Paru-Paru Meningkat

Olahraga rutin yang dilakukan seseorang menuntut kebutuhan oksigen yang tinggi sehingga paru-paru akan beradaptasi dalam menyimpan oksigen lebih banyak dari sebelumnya. Sehingga paru-paru bisa mendistribusikan dan menggunakan oksigen dengan lebih efisien karena paru-paru tidak perlu memompa terlalu banyak oksigen. Namun, pelaku olahraga cenderung memiliki asupan oksigen rendah saat beristirahat hal ini disebabkan tubuh telah terbiasa dan terlatih memenuhi kebutuhan oksigen dan mendistribusikannya dengan efisien. Kapasitas paru umumnya rendah bagi mereka yang jarang melakukan aktivitas secara fisik.

Terjadi Pembesaran Otot

Otot adalah organ penggerak tubuh yang butuh banyak energi terutama dari simpanan makanan dan oksigen. Massa otot akan meningkat jika Anda melakukan olahraga atau aktivitas fisik secara rutin. Tambahan massa ini dikarenakan otot telah beradaptasi dan mempunyai pembuluh kapiler, mitokondria, enzim penghasil energi, kapasitas menyimpan makanan yang lebih banyak. Otot akan bekerja dengan efisien.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply