Turunkan Berat Badan Ideal dengan Waktu Olahraga Terbaik

Turunkan Berat Badan Ideal dengan Waktu Olahraga Terbaik

Bagi seorang wanita, penampilan adalah salah satu hal paling penting dan utama yang harus diperhatikan baik fisik maupun mental. Cara menjaga penampilan fisik dapat dilakukan dari dalam maupun dari luar. Seorang wanita akan semakin cemas jika penampilan fisiknya nampak “gendut”. Kata tersebut menjadi motivasi bagi kaum hawa untuk menurunkan berat badan se-ideal mungkin. Untuk bisa mendapatkan tubuh yang ideal, Anda harus menjaga pola makan dan rajin berolahraga di waktu yang pas. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai waktu olahraga yang tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Turunkan Berat Badan Ideal dengan Waktu Olahraga Terbaik

Waktu Terbaik Berolahraga

Beberapa penelitian mengungkapkan jika waktu olahraga terbaik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan adalah pagi hari dengan sarapan terlebih dahulu. Mengapa harus sarapan? Dari penelitian yang dilakukan oleh Gonzales pada 2013 silam menyebutkan bahwa olahraga pagi dengan sarapan sebelum memulainya akan membakar lemak 20% lebih tinggi daripada tanpa sarapan. Hal ini dikarenakan pembakaran lemak akan lebih sempurna dengan adanya cadangan energi dari sarapan pagi sehingga metabolisme tubuh akan meningkat.

Rutin melakukan sarapan pagi sebelum berolahraga akan membantu penyerapan nutrisi secara maksimal karena kadar hormon insulin yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Selain itu, kadar gula yang sudah stabil akan membuat Anda tidak cepat lapar meskipun baru saja berolahraga pagi. Waktu olahraga pagi ini juga akan membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Terdapat satu tim peneliti yang menyatakan bahwa wanita berusia 15-60 tahun yang memiliki badan gemuk akan lebih nyenyak tidurnya setelah rutin berolahraga setidaknya 4 jam per minggu di pagi disertai sarapan sebelum memulainya. Untuk mendapatkan badan yang ideal setidaknya pola tidur Anda terjadwal dengan baik sehingga berat badan bisa menurun akibat hormone ghremalinnya juga seimbang.

Haruskah Rutin Olahraga di Pagi Hari?

Berdasarkan penjelasan diatas, waktu olahraga terbaik adalah di pagi hari. Waktu ini dianggap sangat efektif untuk menurunkan berat badan Anda. Bagaimana dengan kesibukan yang menyebabkan Anda tidak bisa berolahraga di pagi hari? Apakah tidak dapat diganti pada sore atau malam hari?

Waktu terbaik berolahraga menurut beberapa penelitian yakni dilakukan di pagi hari karena tubuh akan menerima cahaya matahari langsung setidaknya selama 2 jam yang akan menyehatkan dan sangat berpeluang besar menurunkan berat badan Anda. Hal ini juga menunjukkan bahwa mereka yang konsisten melakukannya dianggap lebih mampu mengelola berat badan, memiliki tubuh yang bugar dan memberikan banyak energi. Namun, jika Anda tidak memiliki waktu di pagi hari karena kesibukan, maka dapat menggantinya pada sore atau malam hari. Pada dasarnya waktu olahraga dapat dilakukan kapan pun asalkan dilakukan dengan benar dan rutin agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply