Ulasan Seputar Aturan Main Permainan Ping Pong yang Harus Anda Ketahui

Olahraga apa yang suka Anda mainkan? Ya, olahraga memang aktivitas menyenangkan yang mampu menyehatkan. Dengan banyaknya jenis olahraga, maka tak heran jika banyak sekali pilihan olahraga yang bisa Anda jadikan alternatif untuk isi hari Anda. Salah satu olahraga menyenangkan yang bisa dilakukan oleh siapa saja adalah olahraga ping pong atau tenis meja. Ya, olahraga yang satu ini memang cukup merakyat sehingga kadang di acara desa pun banyak melombakan tenis meja ini.

 

Tenis meja merupakan olahraga yang awalnya berasal dari Inggris di tahun 1800-an. Saat itu masyarakat Inggris gemar sekali bermain bola di atas meja dan seiring perkembangan zaman, di tahun 1900-an kemudian tenis meja sudah masuk ke Amerika dan berkembang. Jika Anda memainkan tenis meja bersama teman, maka mungkin aturan tidak begitu di pedulikan. Namun dalam tenis meja sendiri ada aturannya yaitu:

Lapangan

Untuk lapangan atau meja dalam permainan tenis meja ini ukurannya adalah 2,74 m dengan lebar 1,525 m serta tinggi 76 cm. Untuk luas secara internasional adalah 4,1785 cm persegi. Untuk permukaannya sendiri wajib berwarna gelap dengan ditambah garis putih dengan lebar 2 cm tiap sisinya.

Net

Untuk aturan net juga tidak sembarangan yakni dengan panjang net adalah 183 cm dengan tinggi 15,25 cm. Luas net adalah 0,279 m persegi dengan jarak daerah pertahanan pemainnya ke tiang net adalah 15,25 cm. Dasar netnya adalah sepanjang lebar meja dimana wajib rapat pada permukaan mejanya dengan perpanjangan untuk ujung net adalah serapat mungkin pada tiang penyangganya.

Bola

Bola yang dipakai untuk bermain ping pong harus bulat dengan diameter yaitu 40 mm dengan berat adalah 2,7 gram dan terbuat dari bahan selulosa yang berwarna orange atau putih tanpa kilap.

Bet

Untuk bet adalah terbuat dari kayu dengan lapisan karet.

Aturan permainan

Dalam melakukan permainan tenis meja juga ada aturan yang perlu dipatuhi setiap pemainnya, diantaranya:

 

  • Pemain memukul bola jika dirinya menyentuh dengan raket yang dipegang.
  • Pemain yang servis adalah pemain pemukul bola pertama di satu reli.
  • Penerima untuk bolanya adalah pemain kedua yang memukul bola di satu reli.
  • Wasit merupakan orang yang ditunjuk dan bertugas mengawasi permainan.
  • Pembantu wasit yaitu orang yang ditunjuk untuk bisa bantu wasit dengan keputusan tertentu.

 

Itulah beberapa aturan yang perlu dipahami dalam permainan ping pong. Pada dasarnya aturan dalam suatu laga resmi tenis meja banyak sekali. Namun beberapa aturan tersebut merupakan aturan dasar sehingga sudah bisa cukup memainkan permainan tenis meja secara adil. Kini Anda bisa memainkan tenis meja bukan dengan sembarang aturan lagi dan lebih adil.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply