Ulasan Seputar Manfaat dari Senam Sehat untuk Siswa

Olahraga menjadi salah satu aktivitas yang menuntut tubuh agar bergerak. Tentunya olahraga juga harus menjadi kebiasaan yang harusnya dipertahankan. Alangkah baiknya jika olahraga ini dibiasakan sejak kecil sehingga anak bisa mengerti pentingnya olahraga sejak mereka masih dini. Itulah mengapa sekolah juga mengadakan senam sehat untuk para siswa di pagi hari. Memang belum semua sekolah menerapkan hal ini, namun perlahan sudah semakin banyak sekolah yang menerapkannya.

Senam bisa dibilang sebagai bentuk kesenian olahraga karena memadukan olah tubuh dengan berbagai gerakan yang bervariasi dan unik menjadi paduan yang menyenangkan. Terkadang mungkin banyak siswa yang malas mengikuti senam pagi di sekolah. Namun jika Anda sebagai guru, maka ada baiknya memberikan perhatian lebih dan memberikan informasi serta pemahaman akan manfaat senam sehatyang dilakukan ini.

Senam pagi hari ini sangat direkomendasikan untuk rutin dilakukan sehingga kesegaran jasmani pada siswa bisa didapatkan. Tidak perlu tiap hari, mungkin sekali atau dua kali per minggu akan bisa membantu. Berikut ini manfaat melakukan senam untuk para siswa:

  • Senam pagi mampu mencegah tubuh dari segala jenis penyakit yang datang. Selain itu, karena tubuh diajak untuk bergerak, maka tubuh akan lebih ideal dan aktif ketika bergerak. Siswa pun akan menjadi lebih aktif karenanya.
  • Senam yang dilakukan ketika pagi hari juga baik untuk tubuh mengingat siswa terkena sinar matahari yang menyehatkan badan dan mampu mendapatkan keringat sehingga melancarkan pergerakan pada tubuh. Seperti yang sudah diketahui jika sinar matahari di pagi hari mengandung vitamin D alami sehingga mampu menyehatkan.
  • Gerakan yang ada pada senam akan mampu membantu siswa dalam melatih otot di tubunya dan melatih gerakan motorik anak. Hal ini pun akan mendorong anak siswa untuk bisa lebih trampil dan kreatif dalam kesehariannya.
  • Gerakan pada senam juga mampu membantu melancarkan peredaran darah yang tentunya akan menjadikan siswa lebih merasa sehat dan bugar. Hal ini juga akan menghindarkan siswa dari malas-malasan dan mengantuk di kelas. Jika siswa merasa bugar, maka tingkat fokus dan konsentrasi ketika pelajaran pun akan bisa didapatkan sehingga guru lebih mudah ketika mengajar.

Itulah beberapa manfaat melakukan senam sehat untuk siswa. Jika sekolah Anda belum menerapkan adanya pola senam seperti ini, maka ada baiknya jika diadakan setidaknya waktu 30 menit seminggu sekali sampai dua kali. Hal ini akan banyak memberikan pengaruh pada siswa karena kesehatan jasmaninya bisa didapatkan. Mengingat olahraga adalah aktivitas yang penting dan baik, maka ada baiknya jika dikenalkan dan dibiasakan sejak kecil sehingga ketika dewasa nantinya siswa sudah biasa menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehatnya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply