Workout : Manfaat Bersepeda

Workout atau yang lebih dikenal dengan olahraga, merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Terdapat beberapa macam latihan workout yang dapat dikerjakan dirumah, baik sendirian maupun beramai-ramai dan dengan biaya yang relative jauh lebih murah jika dibandingkan dengan workout atau latihan di Gym. Salah satu latihan olahraga yang tergolong ramah biaya adalah bersepeda. Sebagian dari kita mungkin menganggap remeh olahraga tersebut, tetapi bersepeda sebetulnya memiliki manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita, manfaat bersepeda tersebut diantaranya adalah :

  • Membakar kalori

Gerakan tubuh saat mengayuh sepeda dapat membantu membakar banyak kalori. Orang dengan berat sekitar 80 kg, dapat membakar lebih dari 500 kalori setelah melakukan satu jam bersepeda pada kecepatan moderat. Setengah jam bersepeda rekreasi dengan kecepatan 8 km/jam bisa membakar 75-155 kalori, sedangkan bersepeda dengan kecepatan moderat 16 km/jam bisa membakar 190-415 kalori dalam 30 menit.

  • Melatih otot

Bersepeda melibatkan penggunaan otot paha depan, hamstring, dan otot betis. Aktivitas bersepeda akan membuat otot-otot tersebut kencang dan kuat serta tubuh terlihat lebih ramping. Olahraga ini juga membantu meningkatkan metabolisme istirahat, menyebabkan pembakaran kalori terjadi lebih banyak meskipun tubuh sedang dalam kondisi istirahat. Otot-otot perut dan punggung juga ikut diperkuat sehingga mengarah kepada keseimbangan serta postur tubuh yang lebih baik.

  • Meningkatkan kebugaran kardiovaskular

Bersepeda secara teratur bisa meningkatkan kebugaran kardiovaskular, sehingga menyediakan lebih banyak energi untuk melakukan aktivitas sepanjang hari. Bersepeda juga dikenal membantu mencegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

  • Aktivitas sosial

Selain bermanfaat untuk kesehatan, bersepeda merupakan salah satu jenis aktivitas sosial, apalagi jika dilakukan bersama teman atau keluarga.

  • Anti pemanasan global

Bersepeda dijamin aman untuk lingkungan sekitar atau olahraga ramah lingkungan. Bersepeda tidak melepaskan karbon dioksida serta tidak ada resiko pencemaran sehingga membantu mengurangi efek pemanasan global.

  • Sebagai Pelepas stres

Stress telah menjadi bagian tak terelakkan dari gaya hidup modern seperti saat ini. Bersepeda dapat membantu Anda mengalihkan pikiran serta membuat emosi menjadi rileks. Dengan bersepeda di alam terbuka seperti di pegunungan atau di pantai dapat membantu anda melepaskan stress setelah lelah bekerja sepanjang minggu. Udara segar dari pegunungan yang Anda hirup akan membuat tubuh lebih berenergi.

  • Mencegah penyakit

Berbagai penyakit seperti diabetes dan ketidakseimbangan hormon dapat dicegah dengan rutin bersepeda.

Selain beberapa manfaat workout di atas, bersepeda juga dikenal dengan olahraga yang ramah untuk sendi. Bersepeda bukanlah olahraga yang memerlukan beban atau mengakibatkan tekanan pada sendi. Berdasarkan hal tersebut, bersepeda cocok dilakukan oleh lansia.

Selamat bersepeda

Be Sociable, Share!

Leave a Reply