Workout : Manfaat Jogging saat Sore Hari

Menjalani hidup sehat adalah hak setiap orang, termasuk para pekerja  yang memiliki kesibukan yang padat. Workout atau olahraga jogging adalah olahraga yg cocok dilakukan oleh anda yang tidak memiliki waktu luang yang banyak. Jangan khawatir Jogging akan mengganggu waktu anda saat bersiap kekantor, karena jogging yang dilakukan di Sore hari setelah pulang bekerja juga memiliki manfaat yang tidak kalah hebatnya untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat tersebut diantaranya adalah :

  • Menurunkan berat badan

Melakukan workout di sore hari seringkali dilakukan dalam rangka menurunkan berat badan. Sehingga bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, dapat melakukan olahraga Jogging sore secara teratur agar memiliki berat badan yang ideal. Manfaat Jogging sore jika dilakukan secara rutin dapat membakar lemak atau kalori dalam tubuh secara efektif. Jogging yang dilakukan pada sore hari mempunyai kelebihan dapat menghasilkan keringat yang lebih banyak sebab suhu tubuh sudah lebih siap jika dibandingkan di pagi hari. Anda juga tidak harus melakukan banyak pemanasan, sebab dengan sedikit pemanasan saja maka tubuh sudah terkondisikan untuk siap melakukan Jogging.

  • Menyehatkan jantung

Manfaat Jogging sore yang utama bagi kesehatan adalah dapat menyehatkan jantung. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa penyakit jantung masih merupakan penyakit pembunuh nomor satu baik di Indonesia maupun di dunia. Dengan melakukan Jogging sore secara teratur maka jantung Anda pun akan selalu sehat. Hal ini dikarenakan, dengan melakukan olahraga Jogging otot-otot dalam jantung akan teraktifasi sehingga jika ada satu atau beberapa otot jantung yang lemah maka otot tersebut akan menjadi kuat kembali. Jogging juga sangat efektif untuk melancarkan peredaran darah, sehingga kolesterol yang menumpuk dalam bentuk plak akan luruh dan Anda pun dapat terhindar dari penyakit jantung koroner.

  • Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

Manfaat Jogging sore yang berikutnya yaitu dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Dengan melakukan Jogging sore secara teratur maka Anda menjadi jauh lebih bersemangat, lebih percaya diri, dan bergairah. Kekebalan tubuh Anda juga lebih meningkat sehingga akan terhindar dari berbagai macam penyakit, baik yang diakibatkan oleh virus, bakteri, jamur, maupun parasit, serta penyakit berbahaya seperti berbagai macam tumor atau kanker. Melakukan Jogging di sore hari biasanya Anda lebih bersemangat sebab jauh dari gangguan rasa kantuk jika dibandingkan pada Jogging di pagi hari.

  • Menjauhkan diri dari stress

Dengan melakukan olahraga Jogging dapat menjauhkan diri Anda dari serangan stres. Manfaat Jogging sore dalam hal ini adalah sebagai sarana refreshing untuk melepaskan kepenatan setelah Anda melakukan rutinitas kerja. Jadi setelah Anda disibukkan dengan berbagai urusan kerja yang seringkali membuat pikiran Anda menjadi stres, lakukanlah Jogging sore maka semua beban yang ada di pikiran Anda akan hilang seakan rontok bersama keringat yang Anda keluarkan ketika Jogging sore.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply