Workout Singkat Namun Kuat

Workout untuk membentuk tubuh dan menjaga supaya badan tetap segar bugar adalah suatu kebutuhan bagi mereka yang bekerja dengan stamina yang tinggi. Hidup di kota besar selain memerlukan kemampuan mental yang kuat, juga perlu latihan supaya tubuh mampu terus beraktifitas dalam segala kondisi. Bagi warga kota besar kehidupan sehari itu tidak cukup 24 jam, terkadang dalam waktu 24 jam, tidur cuma beberapa jam jadi waktu untuk relaksasi kurang. Hal tersebut bisa dikarenakan tuntutan pekerjaan atau rutinitas yang padat. Tubuh jika tidak dilatih dengan layak maka tidak akan mampu menahan kinerja yang terus menerus. Ini adalah beberapa jenis workout singkat namun kuat. Latihan tubuh yang tidak membutuhkan waktu banyak namun mampu membentuk stamina tubuh menjadi prima dan bugar selalu, jika dilakukan secara rutin.

Pertama adalah workout 5 – 10 – 15. Tentunya itu bukan nomer kombinasi atau nomer ukuran badan seseorang. Angka tersebut merupakan hitungan workout atau pola latihan untuk membentuk badan menjadi lebih segar, bugar dan menarik. Workout 5 – 10 – 15 terdiri dari lima kali ‘push up’, sepuluh kali ‘crunches’ lalu lima belas kali ‘squat’.  Ambil sepuluh detik istirahat, untuk mengatur napas lalu lanjutkan lagi dengan lima ‘lunges’ untuk masing-masing kaki dan diteruskan dengan sepuluh ‘reverse crunches’ dan lima belas detik ‘plank’. Dan kembali melakukan dari awal, yaitu lima kali ‘push up’, sepuluh kali ‘crunches’ dan lima belas ‘squat’, istirahat sepuluh detik lalu lanjutkan dengan lima ‘lunges’ untuk masing-masing kaki, sepuluh ‘reverse crunches’ dan lima belas detik ‘plank’ hingga lima kali putaran. ‘Push up’ melatih anggota tubuh bagian atas dari bahu, otot bisep, otot trisep, otot dada, perut (abdomen), punggung dan paha pada saat yang bersamaan. ‘Crunches’ melatih otot diafragma, otot perut bawah, otot perut samping, otot paha dan otot pantat. ‘Squat adalah latihan yang fokus pada bagian bawah tubuh, namun juga melatih otot punggung, pantat, paha, dan juga betis. Latihan ‘lunges’, melatih otot paha bagian dalam, otot paha atas, betis dan juga otot punggung. DIlakukan secara bergantian agar latihan masing-masing kaki proprosional. ‘Reverse crunches’ adalah latihan untuk tubuh bagian belakang, seperti punggung dan pantat, sekaligus otot paha dan otot perut. ‘Planck’ adalah bentuk latihan yang fokus pada otot bahu, punggung, perut, paha, pantat dan betis. Workout ini baru tahap awal, jika di variasi antara latihan-latihan diatas, makan hasil yang didapatkan akan jauh lebih maksimal. Sebagai contoh variasi waktu ‘planck’ yang ditingkatkan setiap dua hari sekali dengan pertambahan waktu 5 detik. Lalu pada hari keenam, ambil waktu untuk istirahat total. Keesokan harinya dimulai lagi latihan yang sama dengan mengacu pada dua hari sebelumnya. Variasi-variasi ini bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan, jadi jangan dipaksakan. Jika dipaksakan kemungkinan besar tubuh akan mengalami cidera dan akan mengakibatkan pola latihan yang sudah terbentuk menjadi kacau.

Baca juga:Tabata Workout Olahraga Cepat Efektif Menurunkan Berat Badan

Jika dilihat secara menyeluruh, workout ini membutuhkan gerakkan seluruh tubuh secara simultan dan efektif untuk di jadikan latihan bagi mereka yang hanya memiliki waktu singkat dalam berolahraga. Yang perlu diperhatikan di sini adalah waktu pemanasan yang cukup sebelum melakukan workout ini dan tentunya adalah menjaga tubuh supaya tidak dehidrasi. Dua hal ini merupakan hal mendasar yang tidak boleh dilupakan ketika sedang berolahraga. Jadi, sekarang dengan satu putaran latihan yang kurang dari 30 menit, tubuh sudah mendapatkan workout yang cukup untuk menjaga stamina yang diperlukan untuk melakukan aktifitas. Selamat berlatih.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply