Yoga untuk Meningkatkan Daya Ingat

Yoga merupakan salah satu aktivitas fisik yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Tidak sedikit orang-orang tua yang berumur panjang mengemukakan bahwa rahasia terbesarnya untuk tetap sehat di usia senja adalah dengan melakukan yoga secara teratur. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari jenis olahraga yang menitik beratkan pada meditasi di mana seseorang harus dapat memusatkan seluruh pikirannya untuk melakukan kontrol secara penuh terhadap panca inderanya. Selain memiliki manfaat bagi kesehatan fisik, kegiatan yang identik dengan relaksasi dan meditasi ini juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan atau ketenangan psikologis. Baru-baru ini, penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini juga memiliki manfaat yang signifikan dalam rangka meningkatkan daya ingat dan kemampuan otak.

Manfaat Melakukan Yoga pada Otak

melakukan yoga secara teratur dapat meningkatkan sistem peredaran darah kita dan dapat meningkatkan kinerja jantung sekaligus membantu oksigenasi otak. Melakukan yoga akan berdampak positif pada sistem tubuh kita, khususnya daya ingat dan kemampuan kognitif lainnya. Penelitian ilmiah membuktikan bahwa melakukan yoga secara teratur sekurang-kurangnya selama minimal 15 menit setiap hari akan membantu meningkatkan daya ingat kita, bahkan yoga juga efektif untuk meningkatkan daya ingat orang berusia lanjut.

Manfaat Gerakan Relaksasi dan Meditasi pada Otak

Gerakan-gerakan yoga sangat identik dengan relaksasi dan meditasi. Relaksasi dan meditasi merupakan refreshing yang paling baik bagi otak. Rutinitas kerja sehari-hari yang padat dan cenderung berat akan membuat tubuh kita mudah dilanda penat dan kebosanan, yang juga membawa dampak pada lelahnya otak, karena otak selalu terlibat dalam setiap gerakan yang dilakukan oleh manusia, apalagi jika orang tersebut terlalu memforsir panca inderanya.

Baca Juga:4 Hal Terhebat Yang Anda Bisa Dapatkan Dari Yoga

Meditasi akan membuat badan kita menjadi lebih santai dan tenang, imbasnya, itak pun akan merasa lebih tenang sejalan dengan badan yang mulai nyaman. Dalam keadaan yang sangat tenang tersebut, otak akan membuang informasi-informasi yang tidak penting dan tidak berguna, atau informasi sampah yang kita peroleh melalui panca indera yang selalu dilibatkan ketika bekerja. Tanpa diimbangi dengan relaksasi dan meditasi, informasi yang tidak penting akan menumpuk dalam memori otak kita. Relaksasi dan meditasi juga dapat menajdi ajang latihan yang baik untuk meningkatkan daya konsentrasi otak kita, sehingga ketika menerima atau menyerap informasi, otak akan lebih siap karena daya konsentrasinya semakin meningkat dan daya ingatnya semakin tajam.

Yang paling penting untuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan otak, yoga yang teratur juga harus diimbangi dengan istirahat yang cukup agar otak kita dapat beristirahat.Otak kita merupakan organ tubuh yang sangat peka dalam menerima informasi yang diserap setiap panca indera, sehingga setiap panca indera kita bekerja otomatis otak kita juga bekerja. Tanpa diimbangi dengan istirahat yang cukup, otak kita akan mudah tegang sejingga kita akan mudah terkena stress. Ketika stress dan kelelahan, daya konsentrasi dan kemampuan mengingat otak kita akan semakin menurun. Istirahat yang cukup dan teratur merupakan cara paling bijak untuk membantu meningkatkan kemampuan otak kita.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply