Beberapa Gerakan Senam Lantai yang Wajib Kamu Tahu

Dalam olahraga senam lantai, terdapat macam-macam bentuk yang dapat membuat tubuhmu menjadi bugar setelah melakukannya. Gerakan senam lantai banyak macamnya, ada yang ringan, sedang, dan berat. Di antara berbagai gerakan itu, ada baiknya ketahui dulu beberapa fakta soal senam lantai di bawah ini, ya.

Senam lantai biasa dilakukan oleh ibu-ibu komplek untuk mengolah kebugaran fisik mereka. Bisa dibilang, sedikit sekali anak muda yang melakukan olahraga senam lantai. Perbedaan cabang olahraga dari dua generasi tersebut bisa dilihat dari banyaknya anak muda yang lebih suka melakukan olahraga modern seperti zumba dan yoga, sementara ibu-ibu/bapak-bapak, lebih suka melakukan senam karena praktis.

Gerakan senam lantai

Beberapa Gerakan Senam Lantai yang Wajib Kamu Tahu

Sebagai salah satu cabang olahraga, sebenarnya, senam lantai populer di berbagai belahan dunia. Sudah banyak macam-macam orang yang menjadi instruktur olahraga senam lantai. Mengenai lokasi, seringnya, olahraga senam lantai dilakukan di ruangan luas secara berkelompok. Selain itu, kebanyakan gerakan dalam olahraga senam lantai membutuhkan matras agar mencegah terjadinya cedera ketika melakukan gerakan-gerakan yang menantang.

Ini pengingat lain, ada baiknya pihak yang akan melakukan olahraga senam lantai sedang dalam kondisi fisik yang prima. Soalnya, banyak gerakan di olahraga senam lantai yang membutuhkan daya tahan sehingga banyak menguras energi.

Jadi, apa saja gerakan senam lantai? Di bawah ini akan dicantumkan beberapa gerakan dalam olahraga senam cabang senam lantai. Aneka macam gerakan ini tentu dapat disesuaikan sesuai kapasitas masing-masing orang yang akan melakukan. Perlu diketahui juga, jenis jenis senam lantai ada banyak macam. Akan tetapi, tulisan ini hanya akan membeberkan sebagian gerakan senam lantai.

Gerakan berguling ke depan dan belakang

Gerakan berguling bisa dibilang merupakan gerakan paling populer dalam olahraga. Pada cabang senam lantai, gerakan berguling ada dua, ke depan dan ke belakang.  Ketika melakukan gerakan berguling ke depan dengan awalan berdiri, kamu mesti melakukannya dengan mengangkat kedua tangan lalu membungkukan badan. Setelah itu, kamu bisa menjatuhkan diri dan menggulingkan selurah badanmu ke depan.

Untuk melakukan gerakan berguling ke belakang, awalnya kamu harus jongkok. Lalu menundukan kepala ke bawah dengan keadaan dagu rapat ke dada. Untuk keamanan, letakan tangan di samping telinga dan jatuhkanlah bokong ke belakang kemudian gulingkan. Gerakan ini akan membuatmu bugar kembali.

Lompat harimau

Untuk melakukan gerakan lompat harimau, secara umum tidak banyak berbeda dengan teknik gerakan berguling ke depan. Inti perbedaannya saat melakukan tolakan, jika gerakan berguling mesti menjatuhkan tubuhmu ke arah depan, pada gerakan lompat harimau ini kamu mesti melompat ke depan dengan tangan yang diayunkan ke atas. Saat berada di udara, lentingkan tubuhmu sehingga otot-otot akan tertarik.

Handstand

Terakhir, handstand. Ini merupakan gerakan paling menantang, populer, dan memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Awalnya, berdirilah dengan tangan lurus di samping badan, majukan salah satu kaki, dan bungkukan badan. Kemudian biarkan tangan menumpu badan yang bungkuk, lalu angkat tungkai kaki dengan saksama. Setelah itu, dorong bokong setinggi-tingginya dengan perlahan. Kencangkan otot perut ketika kaki sudah hampir berdiri ke atas, ini akan membantu keseimbangan. Akhirnya, posisi 180 derajat dengan letak kaki berada di atas dan kepala di bawah akan terlaksana. Kalau belum mahir, dinding dapat dimanfaatkan untuk menjaga keseimbangan. Jenis jenis senam lantai

Demikian beberapa gerakan senam lantai yang wajib kamu tahu. Setelah mengetahui gerakan-gerakan tersebut, apakah kamu akan mempraktikkannya?