Home Tips Dan Trik Kenali 3 Fakta Menarik Olahraga Bridge

Kenali 3 Fakta Menarik Olahraga Bridge

by Caswitin
olahraga bridge

Olahraga bridge? Wah, nampaknya memang sedikit asing di telinga orang Indonesia. Namun, jangan salah, meskipun tak banyak yang memahami salah satu cabang olahraga bridge ini, bridge menjadi salah satu olahraga yang ikut diperlombakan di Asian Games hlo. Bridge ada di Indonesia sekitar tahun 1880 dibawa oleh orang Eropa yang tentunya adalah Belanda, namun tidak ada yang tahu pastinya kapan pertama kali bridge mulai muncul di Indonesia.

Olahraga bridge sendiri merupakan salah satu bentuk olahraga permainan yang mempergunakan kartu serta menggunakan strategi dan taktik yang istimewa dalam memainkannya. Seperti halnya catur, olahraga bridge bukanlah merupakan olahraga fisik biasa, namun merupakan olahraga yang menggunakan dan mengandalkan kecerdasan pikiran para pemainnya.
Olahraga bridge memang cukup unik dan menarik untuk dibahas, jadi tak ada salahnya jika kamu mengenali fakta-fakta menarik lainnya mengenai olahraga bridge di bawah ini

1. Olahraga yang menggunakan 52 kartu dalam permainannya

Fakta menarik pertama yang perlu kamu ketahui sebelum memulai olahraga ini adalah peralatan olahraga bridge membutuhkan 52 kartu. Jumlah kartu dalam satu set/board terdiri dari Club (C) atau keriting, Diamond (D) atau wajik, Heart (H) hati, dan warna terkuat Spade (S) atau daun. Selanjutnya masing-masing terdiri dari 2,3,4,5,6,7,8,9.T, J, Q, K, A.

Nah, untuk 1 set kartu ini dibagi rata pada 4 pemain yang duduk di Utara, Timur, Selatan, dan Barat. sehingga masing-masing memperoleh 13 kartu. Untuk setiap pemain yang memegang 13 kartu, maka terdapat 13 trik dalam satu kali permainan. Adapun lelang ini menentukan pihak yang menyatakan, the strain of trump dan lokasi pemimpin untuk kartu di tangan. Jumlah trik yang harus dikumpulkan oleh pasangan pemenang penawaran kontrak adalah sebesar N+6, dengan N adalah tingkat kontrak yang disepakati.

2. Kamu harus memiliki IQ di atas 120

Fakta menarik kedua mengenai olahraga bridge yang cukup mencengangkan adalah kamu harus memiliki IQ di atas 120 jika ingin menjadi pemain bridge yang sukses. Wah, mengapa demikian? Ternyata karena olahraga ini adalah olahraga yang mengandalkan daya pikir yang kuat, terutama dalam menganalisa kartu. Permainan ini lebih mengedepankan insting dan komunikasi antar pasangan bermain untuk berlogika dan menebak serta melakukan penawaran untuk menghalangi lawan bermain lanjut dalam pertandingan. Sehingga untuk dapat menang, terdapat sejumlah persyaratan, namun poin besarnya adalah, seorang pemain harus memiliki kartu trump untuk secara efektif meraih kemenangan dalam permainan ini.

3. Sudah memiliki organisasi di Indonesia

Fakta terakhir mengenai olahraga ini adalah bridge sudah diakui dan memiliki organisasi khusus di Indonesia. Karena pada awal muncul dan dimainkan di Inggris sejak abad ke-16 tidak ada aturan yang sulit di dalamnya dan hanya permainan kartu biasa. Barulah di abad 18 aturan baku untuk bridge muncul.

Sejak muncul dan berkembang sampi ke Indonesia sekitar abad ke-18 kala itu, olahraga bridge hanya dapat dimainkan oleh orang Eropa dan beberapa orang Indonesia yang menjadi rekan mereka. Hingga akhirnya, atas prakarsa Willy Th. Roring seorang perwira TNI AL, pada tanggal 12 Desember 1953 lahirlah Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (GABSI) di kota Surabaya. Organisasi ini yang menjadi asal muasal organisasi olahraga bridge Indonesia yang berkembang hingga sekarang. Diawali hanya beranggotakan 8 gabungan dan kini sudah tersebar di seluruh Indonesia. Hingga kini sudah ada Pengurus Daerah di 29 provinsi, kecuali Maluku Utara. Kejuaraan Nasional olahraga bridge pertama kali diselenggarakan pada tahun 1957 di Yogyakarta. GABSI kemudian menjadi anggota KOGOR (Komando Gerakan Olahraga) pada tahun 1960 dan selanjutnya pada tahun 1966 KOGOR dibubarkan dan diganti dengan KONI (Komite Olahraga Nasional).

Itulah 3 fakta menarik olahraga bridge yang ada di Indonesia. Jika kamu tertarik untuk berlatik bridge, maka hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah tekad dan strategi yang akan kamu lakukan.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More